Selasa, 16 April 2013

farmakologi "Antiemetik dan Neurotropik"



Antiemetik/Antimuntah

      Muntah (emesis) dapat dianggap sebagai suatu cara perlindungan alamiah dari tubuh terhadap zat-zat merangsang dan beracun yang ada dalam makanan. Namun demikian, seringkali muntah merupakan gejala penyakit, misalnya kanker lambung, penyakit  Meniere, mabuk darat, dan pada masa hamil. Tidak jarang muntah merupakan efek samping yang tidak enak dari obat-obatan, seperti onkolitika, obat Parkinson, digoksin, dan sebagai akibat radioterapi kanker. Dalam semua hal terakhir ini, muntah dapat diatasi dengan obat-obat antimual (Antiemetika). 
      Mual dan muntah adalah suatu sensasi muntah yang mendahului proses muntah. Mual  dan muntah adalah gejala penyakit yang dapat di timbulkan bermacam macam penyebab antara lain :
1.    Karena gerakan (motion sickness) : mabuk perjalanan
2.    Infeksi dan gangguan saluran pencernaan
3.    Intoleransi makan
4.    Gangguan dan cidera persyarafan
5.    Pembiusan dan pembedahan
6.    Kehamilan
7.    ESO dari penggunaan obat tertentu
8.    Gangguan meabolisme
9.    Gejala dari penyakit tertentu sehingga merangsang pusat muntah
 MEKANISME DAN PENYEBAB
      Pusat muntah terletak di medulla oblongata yang juga mengatur fungsi jantung, pernafasan, air liur/saliva dan vasomotor. Pusat muntah dapat distimulasi dengan 4 perngsangan yang berbeda:
a. Serat aferen N.vagus ( kaya akan serotonin dan 5-hydroxy-tryptamine) N.splanchnicus bagian dalam yang dapat distimulasi oleh iritasi peritoneum, infeksi atau perut yang menggembung.
b.   Sistem vestibular yang bisa dirangsang oleh infeksi. Serabut syaraf ini banyak mengandung histamin, dan reseptor musakrinik.
c.    Higher CNS centers yang distimulasi oleh gangguan penglihatan, penciuman dan emosional dapat menyebabkan muntah.
d.   Chemoreseptor Trigger Zone (CTZ) yang terletak di luar sawar darah otak (BBB) seperti pada area postrema dari medulla. Daerah ini memilki reseptor kimia yang dapat distimulasi oleh obat-obatan, zat-zat kemoterapi, racun, hipoksia, uremia, terapi radiasi. Area postrema ini kaya akan reseptor 5-hydroxy-tryptamine dan dopamine, opioid, dan asetikolin, substansi P.
Banyak faktor  yang dapat merangsang pusat muntah diantaranya:
1. Gangguan pada saluran cerna
  • Gastritis yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri
  • Stenosi pylori, pada bayi muntah merupakan indikasi untuk dilakukan tindakan bedah secepatnya.
  • Bowel obstruction
  • Acute abdomen and/or peritonitis
  • Ileus
  • Pankreatitis, kolesistitis, apendisitis, hepatitis.
  • Pada anak-anak, dapat disebabkan oleh alergi terhadap protein pada susu sapi
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan.
  • Pergerakan seperti pada motion sickness yang terjadi akibat stimulasi berlebihan dari kanal labirin pada telinga.
  • Meniere’s disease
  • Perdarahan serebral
  • Nyeri atau sakit kepala yang unilateral
  • Tumor otak, yang dapat malfungsi dari reseptor kimia di otak.
  • Hidrocephalus, peningkatan tekanan intracranial.
  • Hiperkasemia, tingginya kadar kalsium dalam darah.
  • Uremia, biasanya terjadi akrena gangguan ginjal
  • Insufisiensi adrenal
  • Hipoglikemia
2. Gangguan pada sistem sensorik dan otak
3. Gangguan metabolisme
4. Kehamilan                                                     
  • Hiperemesis, Morning sickness
5. Interaksi obat
  • Alkohol , efek muntah yang ditimbulkan biasanya terjadi sesudah keadaan mabuk karena banyak meminum alohol.
  • Pemakaian opium juga dapat menyebabkan muntah.
  • Obat-obatan kemoterapi
  • Penghambat reuptake serotonin yang  selektif
 
   Antiemetik adalah obat-obatan yang di gunakan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa mual dan muntah.
     Tujuan keseluruhan dari terapi antiemetik adalah untuk mencegah atau menghilangkan mual dan muntah, seharusnya tanpa menimbulkan efek samping. Terapi antiemetik diindikasikan untuk pasien dengan gangguan elektrolit akibat sekunder dari muntah, anoreksia berat, memburuknya status gizi atau kehilangan berat badan.

Penggunaan antiemetik
     Obat antiemetik diberikan kepada pasien dengan keluhan sebagai berikut:
  1. Mabuk jalan (motion sickness) --- Disebabkan oleh pergerakan kendaraan darat, laut maupun udara dengan akibat stimulasi berlebihan di labirin yang kemudian merangsang pusat muntah melalui chemo reseptor trigger one (CTZ). 
  2. Mabuk kehamilan (morning sickness) --- Pada kasus ringan sebaiknya dihindari agar tidak berakibat buruk pada janin, sedangkan pada kasus berat dapat dipakai golongan antihistamin atau fenotiazin (prometazin) yang kadang dikombinasikan dengan vitamin B6, penggunaannya sebaiknya dibawah pengawasan dokter. 
  3. Mual atau muntah yang disebabkan penyakit tertentu, seperti pada pengobatan dengan radiasi atau obat-obat sitostatika.
       Penggolongan antiemetik
  • Antagonis reseptor 5-hydroxy-tryptamine yang menghambat reseptor serotonin di Susunan Syaraf Pusat (SSP) dan saluran cerna.. Obat ini dapat digunakan untuk pengobatan post-operasi, dan gejala mual dan muntah akibat keracunan. Beberapa contoh obat yang termasuk golongan ini adalah :
ü  Dolasetron
ü  Granisetron
ü  Ondansetron
ü  Tropisetron
ü  Palonosetron (Aloxi®,  antagonis5HT3  yang terbaru)
  • Antagonis Dopamine , yang bekerja di otak yang biasanya digunakan untuk pengobatan muntah pada neoplasma otak, mengurangi efek muntah dari kemoterapi, opioids, keracunan obat dan anastesi umum. Contoh obat golongan ini adalah :
ü  Domperidone
ü  Droperidol, Haloperidol, Chlorpromazine, Promethazine, Prochlorperazine. Obat ini biasanya jarang digunakan karena efek ekstrapiramidal yang luas dan efek sedatif.
ü  Metoclopramide , bekerja di saluran cerna sebagai prokinetik dan digunakan untuk pengobatan gangguan saluran cerna tetapi tidak cocok untuk pasien sesudah opersi dan keracunan obat.
  • Antihistamin (Antagonis reseptor H1 histamine ). Obat ini efektif untuk berbagai kondisi seperti motion sickness, ataupun mual dan muntah pada ibu hamil. Obat-obat dari golongan ini meliputi :
ü  Cyclizine
ü  Diphenhydramine
ü  Dimenhydrinate
ü  Meclizine
ü  Promethazine (Pentazine, Phenergan, Promacot)
ü  Hydroxyzine
  • Steroid
ü  Dexamethasone, biasanya diberikan dalam dosis rendah. Mekanisme kerja dari steroid dalam pengobatan muntah masih belum jelas
  • Benzodiazepines
ü  Midazolam , biasanya digunakan untuk pengobatan mual dan muntah akibat operasi.
  • Cannabinoids, biasanya terapi kedua yang digunakan pada pasien mual dan muntah akibat  keracunan yang tidak peka terhadap obat yang lain
ü  Cannabis
ü  Marinol

OBAT NOOTROPIK & NEUROTONIK
      Obat Nootropik atau sering disebut obat pintar, adalah senyawa yang meningkatkan kemampuan kognitif manusia (fungsi dan kapasitas otak). Sedangkan Neurotonik adalah tonik untu kotak dengan kata lain hamper sama fungsinya dengan Nootropik.
      Neurotropik  merupakan obat  yang  digunakan pada gangguan (infusiensi) cerebral, yang mengacu pada penurunan suplai darah ke otak seperti lupa, kurang kosentrasi, dan vertigo. Gangguan pada sirkulasi darah di otak, seringkali ditemukan pada lansia (lanjut usia) di atas umur 60 tahun. Gejalanya dapat berupa kelemahan ingatan  jangka pendek dan konsentrasi, vertigo, kuping berdengung, jari-jari dingin dan depresi.
     Neurotropik berarti dapat memengaruhi atau menyerang jaringan saraf. Virus neurotropik dapat menimbulkan gangguan fungsi saraf, vitamin neurotropik dapat memperbaiki dan melancarkan fungsi saraf, dll. Istilah lain yang terkait dengan neurotropik adalah neuroinvasif dan neurovirulen.
     Jaringan saraf merupakan jaringan yang berfungi mengatur sistem tubuh, salah satunya mengatur indra peraba yang terdapat pada kulit. Jaringan syaraf disekitar kulit berfungsi untuk merasakan perubahan suhu (panas dan dingin) dan merasakan rasa sakit yang berfungsi sebagai peringatan bila kulit kita terluka. Sedikit gangguan pada jaringansaraf disekitar kulit dapat menimbulkan masalahkesehatan.

      Jaringan saraf merupakan bagian tubuh yang paling sulit beregenerasi. Contoh kasus yang sering dialami adalah rasa kesemutan di daerahekstemitas pada pasien-pasien post serangan stroke. Selain kesemutan ada beberapa gangguanpada jaringan saraf seperti halnya kebas (mati rasa,kebal atau baal), dan kram otot. Ketiga gangguan ini sering disebut dengan 3K (KEBAS,KESEMUTAN, DAN KRAM).

Ada beberapa senyawa yang berfungsi sebagai Nootropik dan Neurotonik yaitu :
  1. Pyritinol. Merupakan antioksidan yang sangat kuat bagi radikalhidroksil yang tak terpakai. Juga meningkatkan pengambilan oksigen dan gula glukosa di dalam otak, dan menyalurkan glukosa lebih mudah melewatis awar darah otak. Fungsinya meningkatkan fungsi umum otak.
      Pada penyelidikan ditemukan peningkatan aliran darah sebanyak 12% kesubstansiagrisea dan 4% kesubstansiaalba di daerah-daerah yang mempunyai sirkulasi patologik. Peningkatan aliran darah ini merupakan akibat sekunder dari peningkatan metabolisme.
      Dengan pemberian obat ini, konsumsi glukosa oleh otak dinormalkan kembali. Piritino ljuga menurunkan permeabilitas sawar darah otak terhadap Fosfat, menurunkan kadar GABA dan GABA-transaminase dan meningkatkan RNA residual dan RNA Ribosomal.
      Aktivasi umum yang disebabkan obat ini diperkirakan karena pengaruhnya terhadap membrane fosfolipideritrosit, di tempat mana terjadi peningkatan pengaturan molekul-molekul pada lapisan ganda fosfolipid.
  1. Ekstrakakar Ginkgo biloba. Meningkatkan aliran darah secara keseluruhan termasuk otak, efek nootropiknya masih dalam perdebatan.
  2. Piracetam adalah obat yang mengatur  fungsi serebral yang diklaim dapat meningkatkan kognitif pada otak yang menurun dengan bertambahnya usia.
      Obat ini adalah suatu derivate siklik gamma amino-butyric acid(GABA), tetapi tidak mempunyai sifat-sifat GABA.



      Obat ini disebut suatu Nootropik yang berarti :
    1. Tidak mempunyai vasoaktivitas yang langsung, yakni tidak menyebabkan vasodilatasi atau vasokonstriksi, tidak mempengaruhi aliran darah serebral total (total CBF)
    2. Dan tidak menyebabkan suatu steal phenomenon.
    3. Tidak menyebabkan perubahan pada aktivitas dasar EEG. Obat ini tidak mengubah ritmedasar EEG, tetapi menurunkan jumlah gelombang-gelombang delta.
    4. Melewati sawar darah otak (blood brain barrier) dalam keadaan normal maupun patologik
    5. Mempunyai efek samping yang minimal tidak mempengaruhi system kardiovaskuler maupun pernapasan.
      Mekanisme kerja obat ini adalah sebagai berikut :
Aktivasi metabolic peredaran darah otak meningkatkan kecepatan metabolic serebral oksigen dan glukosa regional menormalkan aliran darah ke daerah iskemik, bukan dengan suatu aktivitas langsung tetapi sekunder menurunkan rasiolaktat/piruvat.
  1. Sulbutiamine adalah prekursordari Thiamin (Vitamin B1). Senyawaini digunakan untuk pengobatan Astenia. Lebih  lanjut, dengan kemampuannya untuk mengurangi kelelahan di pertimbangkan digunakan oleh atlit. Pada penelitian terbukti dapat meningkatkan memoridaritikus dan pasien Skizoprenia sehingga disarankan sebagai Nootropik
  2. Mecobalamin merupakan bentuk vitamin B12 dengan gugus metal aktif yang berperan dalam reaksi transmetilasi dan merupakan bentuk paling aktif dibandingkan dengan homolog vitamin B12 lainnya dalam tubuh, dalam hal kaitannya dengan metabolism asam nukleat, protein dan lemak.
Mecobalamin/methylcobalamin meningkatkan metabolism asam nukleat, protein dan lemak. Mecobalamin bekerja sebagai koenzim dalam sintesametionin. Mecobalamin terlibat dalam sintesistimidin pada deoksiuridin dan mempercepat sintesis DNA dan RNA. Pada penelitian lain ditemukan mecobalamin mempercepat sintesis Lesitin, suatu komponen utama dari selubung mielin.
Mecobalamin diperlukan untuk kerja normal selsaraf.BersamaAsamFolatdan Vitamin B6, Mecobalamin bekerja menurunkan kadar Homosistein dalam darah. Homosistein adalah suatu senyawa dalam darah yang diperkirakan berperan dalam penyakit jantung.
  1. Nimodipine adalahsuatu penghambat saluran kalsium golongan Dihydropyridin yang awalnya dikembangkan untuk pengobatan tekanan daraht inggi. Sekarang ini sudah jarang digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi ,tetapi menunjukkan hasil yang baik pada pencegahan komplikasi mayor dari subarachnoid hemorrhage (salah satu bentuk Cerebral Hemorrhage) yang dinamakan Vasospasm; yang merupakan fungsi utama dari Nimodipin sekarang ini.

1 komentar:

  1. Benefits of an online merit casino - xn--o80b910a26eepc81il5g
    Online merit casino | Play, win, jackpot! 메리트카지노총판 | Experience a world of games with kadangpintar real winning prizes at 샌즈카지노 this trusted online merit casino.

    BalasHapus